Jumat, 15 Mei 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONSTRUKSI KAYU

 

Berikut merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) demi menunjang kegiatan belajar dan mengajar silahkan manfaatkan sebaik mungkin.

PTB A 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan pendidikan              :  SMK Negeri 

Program keahlian                : Teknologi dan Rekayasa

Mata pelajaran                      : Konstruksi Kayu

Kelas / semester                  : X / 2

  Alokasi waktu                      :  12 JP (4 x (3 @ 45 menit))

 


A.  Kompetensi Inti

KI III        :           Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

 

KI IV       : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

B.  Kompetensi Dasar

3.8       Menerapkan prosedur Pekerjaan Konstruksi Kayu.

4.8       Melaksanakan Pekerjaan Konstruksi Kayu.

C.  Indikator

3.8.1   Menjelaskan pekerjaan mengetam kayu, memotong kayu dan memahat

 kayu.

3.8.2   Menjelaskan pekerjaan pembuatan sambungan memanjang kayu.

4.8.1   Melaksanakan pekerjaan pengetaman kayu, pemotongan kayu dan

pemahatan kayu

4.8.2   Melaksanakan pekerjaan pembuatan sambugan memanjang kayu

 


 

 

D. Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan pembelajaran, peserta didik akan dapat :

1.      Peserta didik dapat menjelaskan pekerjaan mengetam kayu, memotong kayu, dan memahat kayu.

2.      Peserta didik dapat menjelaskan pekerjaan membuat sambungan kayu.

3.      Peserta didik dapat melaksanakan pekerjaan pengetaman kayu, pemotongan kayu dan pemahatan kayu.

4.      Peserta didik dapat melaksanakan cara pembuatan sambungan memanjang kayu dengan baik dan benar.

 

E.    Materi Pembelajaran

1.   Prosedur mengetam kayu.

2.   Prosedur memotong kayu.

3.   Prosedur memahat kayu.

4.   Prosedur menyambung memanjang kayu

 

F.   Model Pembelajaran

1.    Pendekatan                  : Saintifik

2.    Model                           : Model Pembelajaran Langsung (MPL)

3.    Metode                         : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan.

 

G. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran:

1.    Media                      : Penyajian Microsoft PowerPoint

2.    Alat/Bahan            : Job sheet.

3.    Sumber Belajar      : Modul, Buku BSE (Tikno Lensufiie. 2008. Mengenal Konstruksi Kayu untuk Furniture dan Bangunan. Jakarta : Esensi Erlangga Group) , dan Internet (www….)

 

 


 

H. LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

        

 

Kegiatan

 

Alokasi Waktu

Pendahuluan

 Apersepsi

1.    Guru sedikit menyinggung materi minggu lalu dan mengaitkannya dengan materi yang akan dibahasnya hari ini. (Menyampaikan tujuan : Fase 1)

2.    Guru menjelaskan dan menanyakan kembali materi minggu lalu ke peserta didik. (Menyampaikan tujuan : Fase 1)

Motivasi:

1.    Guru memberikan informasi tentang apa yang akan di jelaskan, akan berguna untuk masa depan peserta didik. (Menyampaikan tujuan : Fase 1)

2.    Guru menyampaikan tujuan dan inti praktikum yang akan dipelajari oleh peserta didik hari ini. (Menyampaikan tujuan : Fase 1)

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Kegiatan

 

Alokasi Waktu

Penutup

1.   Guru memberikan evaluasi tentang prosedur pekerjaan konstruksi kayu, membuka sesi tanya jawab ke peserta didik tentang materi terkait,

2.   Bersama dengan guru peserta didik menyimpulkan materi yang di ajarkan hari ini

3.   Guru mengucapkan salam dan meninggalkan kelas.

 

 

 

15 menit

 

I.     Penilaian Hasil Belajar

1.      LP KI 3                  : Pengetahuan

2.      Kunci LP KI 3       : Pengetahuan

3.      LP KI 4                  : Keterampilan Praktik / Penilaian Kinerja

4.      Kunci LP KI 4       : Keterampilan Praktik / Penilaian Kinerja


 

LP KI 3 : Pengetahuan

 

Petunjuk:

v  Berdoalah sebelum mengerjakan soal.

v  Jawablah pada lembar jawaban yang telah disediakan.

v  Selesaikan soal berikut dengan baik dan benar.

 

1. Sebutkan alat dan bahan apa saja yang digunakan untuk mengetam kayu!   (skor 15)

2. Sebutkan 3 langkah awal memotong kayu menggunakan gergaji dengan baik dan benar! (skor 20)

3. Jelaskan langkah – langkah mengetam kayu dengan baik dan benar! (skor 30)

4. Jelaskan dan gambarkan sambungan kayu memanjang dengan sambungan bibir miring! (skor 35)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

           ................................Selamat Mengerjakan......................................

 

 

 

 

 

 

Kunci LP KI 3 : Pengetahuan

No

Kunci Jawaban

Skor

1.

 Alat dan Bahan :

·         Ketam Manual

·         Pasrah

·         Patek

·         Kayu 8cm x 12 cm

15

2.

  3 Langkah Awal memotong kayu  menggunakan Gergaji adalah :

·         Lukis kayu dengan penggaris siku disemua sisi kayu

·         Jepit kayu dengan alat penjepit, supaya kayu tidak goyang apabila di potong

·         Gergaji kayu dengan mengikuti lukisan kayu yang telah dibuat dengan cara membuat jalan untuk memotong kayu.

20

3.

  Langkah – langkah mengetam kayu :

·         Siapkan kayu ukuran 8cm x 12cm

·         Taruh pasrah (mata ketam) ke dalam Ketam Manual.

·         Kunci pasrah (mata ketam) dengan Petak supaya mata ketam tidak gampang lepas

·         Ketam kayu dengan cara mengikuti arah serat kayu dan tekan kayu

·         Lakukan pengetaman tersebut sampai ukuran kayu sesuai dengan jobsheet dan permukaan kayu datar.

30

 4.

 

 

 

 

 

 

 

Sambungan memanjang dengan bibir miring

Sambungan ini digunakan apabila balok berada pada diatas dua tumpuan atau lebih seperti pada balok gording yang ditumpu/ditahan oleh balok kaki kuda-kuda

 

 

 

 

 

 

 

35

 

 

 

 

 

 

 

ü  Peserta didik memperoleh nilai :

 

Sangat Baik   (A)       : apabila memperoleh skor 85 - 100

Baik                (B)       : apabila memperoleh skor 75 - 84

Cukup            Baik    (C)       : apabila memperoleh skor 60 - 74

Kurang           Baik   (D)       : apabila memperoleh skor   < 60

ü  Nilai Akhir   =  Jumlah Total Skor Tiap Butir Soal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian KI 3

 

 


No

Kriteria Penilaian

Skor

1

A

Siswa dapat menyebutkan alat dan bahan untuk mengetam kayu  dengan baik dan benar.

15

B

Siswa hanya dapat menyebutkan 2 alat mengetam kayu.

10

C

Siswa hanya dapat menyebutkan bahan untuk mengetam kayu dengan benar.

5

D

Siswa  tidak dapat menyebutkan alat dan bahan untuk mengetam  kayu.

0

2

A

Siswa dapat menyebutkan 3 langkah awal memotong kayu dengan benar.

20

B

Siswa hanya dapat menyebutkan 2 langkah awal memotong kayu.

10

C

Siswa hanya dapat menyebutkan 1 langkah awal memotong kayu.

5

D

Siswa  tidak dapat menyebutkan 3 langkah awal memotong kayu dengan benar.

0

3

A

Siswa dapat menjelaskan langkah – langkah mengetam kayu dengan lengkap dan benar tanpa membuka buku.

30

B

Siswa hanya dapat menjelaskan garis besar/inti langkah – langkah  mengetam kayu tanpa membuka buku.

17

C

Siswa dapat menjelaskan langakah – langkah  mengetam kayu dengan membuka buku.

8

D

Siswa tidak dapat menjelaskan langkah – langkah mengetam kayu.

2

4

A

Siswa dapat membedakan pengertian sambungan dan hubungan  kayu dengan benar.

35

B

Siswa hanya dapat menjelaskan secara garis besar/inti perbedaan pengertian sambungan kayu.

17

C

Siswa dapat menjelaskan perbedaan pengertian sambungan kayu dan hubungan kayu dengan membuka buku.

8

 

D

Siswa tidak dapat membedakan pengertian sambungan dan hubungan  kayu dengan benar.

2

 

Skor Total

100

 

 

 

 


 

Rubrik Penilaian Praktikum LP KI 4

 

Nama Siswa                    : …………………………………………………………...

Kelas / No. Presensi     : …………………………………………………………...

Tanggal                            : …………………………………………………………...

Materi Pembelajaran     : Membuat sambungan bibir lurus berkait

No

Kegiatan

Rincian Tugas Kinerja

Skor

Total Skor

1.

Pekerjaan persiapan

Dapat menyebut seluruh alat dan bahan yang diperlukan untuk Membuat sambungan bibir miring berkait

 

 

Kelengkapan alat

 

2

Mengetam kayu

Ketepatan ukuran

 

 

Kesikuan ukuran

 

Kerapian hasil

 

Kebersihan/kerapian tempat kerja

 

 

 

 

Nilai Akhir     =     Total  Skor 1 + Total Skor 2

                                                              2

 

Nilai Akhir     =    


 

 

Penilaian

Sangat Baik

( A )

Baik

( B )

Cukup Baik

( C )

Kurang Baik

( D )

 

 

 

 

Komentar Guru:

Keterangan :Berilah tanda ( √ ) pada kolom penilaian


 

LP KI 4 :Penilaian Kinerja

 

Petunjuk:

v  Berdoalah sebelum mengerjakan praktek.

v  Membuat sambunngan dan hubungan kayu.

v  Selesaikan seluruh pratikum seperti  yang diminta pada soal secara individu.

 

Soal:

1.   Persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat sambungan memanjang bibir miring berkait kayu.

2.   Tunjukkan alat yang sudah kamu persiapkan untuk membuat sambungan memanjang bibir miring berkait kayu.

 

Tugas:

1.        Buatlah sambungan kayu jenis sambungan memanjang bibir miring berkait!

 

 

 

 

 

Kunci LP KI 4 : Penilaian Kinerja

 

1.        Semua alat yang diperlukan dalam membuat sambungan memanjang bibir miring berkait adalah : mistar, penggaris siku, pensil, perusut, gergaji, pahat, amplas, palu.

2.         

3.        Hasil pratikum Membuat sambungan memanjang bibir miring berkait.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN LP 1 KI 4

 

No

Kegiatan

Rincian Tugas Kinerja

Skor

Total Skor

1.

Pekerjaan persiapan

Dapat menyebut seluruh alat dan bahan yang diperlukan untuk Membuat Sambungan bibir miring berkait

40

100

Kelengkapan alat

60

2

Menggambar

Ketepatan ukuran

25

100

Kesikuan ukuran

25

Kerapian hasil

25

Kebersihan/kerapian tempat kerja

25

 

 

 

Kriteria    A = 85 – 100   (Sangat baik)

B = 75 – 84     (Baik)

C = 60 – 74     (Cukup)

D =  < 60        (Kurang)

 

Nilai Akhir     =     Total  Skor 1 + Total Skor 2

                                                              2

 


 

RUBRIK PENILAIAN LP 1 KI 4

 

No

Kegiatan

Rincian Tugas Kinerja

Skor

Total Skor

1.

Pekerjaan persiapan

Dapat menyebut seluruh alat dan bahan yang diperlukan untuk Membuat Sambungan bibir miring berkait

40

100

Kelengkapan alat

60

2

Menggambar

Ketepatan ukuran

25

100

Kesikuan ukuran

25

Kerapian hasil

25

Kebersihan/kerapian tempat kerja

25

 

 

 

Kriteria    A = 85 – 100   (Sangat baik)

B = 75 – 84     (Baik)

C = 60 – 74     (Cukup)

D =  < 60        (Kurang)

 

Nilai Akhir     =     Total  Skor 1 + Total Skor 2

                                                              2

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN LP 2 KI 4

 

No

Rincian Tugas Kinerja

Skor

Keterangan

1

Kemampuan menyebut seluruh alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan praktik

40

 

30

 

20

 

10

Dapat menyebut seluruh alat dan bahan yang diperlukan minimal seperti pada kunci LP 4.

Hanya dapat menyebut 10-11 alat/bahan dari 12 poin.

Hanya dapat menyebut 7-9 alat/bahan dari 12 poin.

Hanya dapat menyebut kurang dari 7

Kelengkapan peralatan/bahan

60

 

50

40

30

20

10

5

Semua perlengkapan pratikum telah dipersiapkan dengan lengkap minimal seperti pada kunci LP 4

Ada 1 buah alat yang tidak dipersiapkan.

Ada 2 buah alat yang tidak dipersiapkan.

Ada 3 buah alat yang tidak dipersiapkan

Ada 4 buah alat yang tidak dipersiapkan.

Ada 5 buah alat yang tidak dipersiapkan.

Ada lebih dari 5 alat yang tidak dipersiapkan.

 

No

Rincian Tugas Kinerja

Skor

Keterangan

2

Ketepatan ukuran

25

 

20

 

 

15

10

Siswa dapat membuat sambungan bibir lurus berkait dengan ukuran yang tepat.

Siswa dapat membuat sambungan bibir lurus berkait dengan ukuran yang tepat., tetapi ada satu sisi pondasi yang kurang tepat.

 Siswa dapat membuat sambungan bibir lurus berkait, tetapi tidak siku.

Siswa tidak dapat menentukan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait, sehingga ukuran kayu yang akan dibuat sambungan  tidak beraturan.

Kesikuan ukuran

25

 

20

 

 

15

 

 

 

10

Siswa dapat membuat kesikuan ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait dengan benar.

Siswa dapat membuat kesikuan ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait,tetapi ada satu sisi yang kurang siku.

Siswa dapat membuat kesikuan ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait,tetapi belum tepat sesuai ukuran siku yang ditentukan.

Siswa dapat membuat kesikuan ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait dengan benar hanya pada satu sisi saja.

Kerapian hasil

25

 

20

 

 

15

 

 

10

Hasil praktek pembuatan sambungan bibir lurus berkait sangat rapi dan sesuai dengan gambar.

Hasil praktek membuat kesikuan ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait rapi dan sesuai dengan gambar..

Hasil praktek membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait kurang rapi dan kurang sesuai dengan gambar.

Hasil praktek membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait tidak rapi dan kurang sesuai dengan gambar.

Kebersihan/kerapian tempat kerja

25

 

 

20

 

 

 

15

 

 

10

Tempat kerja membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait sudah bersih dari alat dan bahan.

Tempat kerja membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait sudah bersih dari alat tetapi masih ada sisa  potongan kayu.

Tempat kerja membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait masih ada alat tetapi masih ada sisa  potongan kayu.

Tempat kerja membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait banyak alat yang berantakan tetapi masih ada sisa  potongan kayu.

Skor

100

 

 

 

 

 

Kriteria    A = 85 – 100   (Sangat baik)

B = 75 – 84     (Baik)

C = 60 – 74     (Cukup)

D =  < 60        (Kurang)

 

 

Nilai Akhir     =     Total  Skor 1 + Total Skor 2

 

                                                              2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN LP 2 KI 4

 

No

Rincian Tugas Kinerja

Skor

Keterangan

1

Kemampuan menyebut seluruh alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan praktik.

40

 

30

 

20

 

10

Dapat menyebut seluruh alat dan bahan yang diperlukan minimal seperti pada kunci LP 4.

Hanya dapat menyebut 4-6 alat/bahan dari 8 poin.

Hanya dapat menyebut 3-5 alat/bahan dari 8 poin.

Hanya dapat menyebut kurang dari 3

Kelengkapan peralatan/bahan

60

 

 

50

30

20

10

2

Semua perlengkapan pratikum telah dipersiapkan dengan lengkap minimal seperti pada kunci LP 4.

Ada 1 buah alat yang tidak dipersiapkan.

Ada 2 buah alat yang tidak dipersiapkan.

Ada 3 buah alat yang tidak dipersiapkan.

Ada 4 buah alat yang tidak dipersiapkan.

Ada lebih dari 5 alat yang tidak dipersiapkan.Ada

 

No

Rincian Tugas Kinerja

Skor

Keterangan

2

Ketepatan ukuran

25

 

20

 

 

15

 

10

Siswa dapat membuat sambungan bibir lurus berkait dengan ukuran yang tepat.

Siswa dapat membuat sambungan bibir lurus berkait dengan ukuran yang tepat., tetapi ada satu sisi pondasi yang kurang tepat.

 Siswa dapat membuat sambungan bibir lurus berkait, tetapi tidak sesuai dengan gambar.

Siswa tidak dapat menentukan ukuran sambungan bibir lurus berkait, sehingga ukuran pondasi tidak beraturan.

Kesikuan ukuran

25

 

20

 

 

15

 

10

 

 

Siswa dapat membuat kemiringan sambungan bibir lurus berkait dengan benar.

Siswa dapat membuat kemiringan sambungan bibir lurus berkait,tetapi ada satu sisi sambungan yang kurang tepat.

Siswa dapat membuat kemiringan sambungan bibir lurus berkait,tetapi tidak sesuai gambar.

Siswa dapat membuat kemiringan sambungan bibir lurus berkait dengan benar hanya pada satu sisi saja.

Kerapian hasil

25

 

 

20

 

15

 

 

10

Hasil praktek pembuatan sambungan bibir lurus berkait sangat rapi dan sesuai dengan gambar.

Hasil praktek pembuatan sambungan bibir lurus berkait rapi dan sesuai dengan gambar..

Hasil praktek pembuatan sambungan dan hubungan kayu kurang rapi dan kurang sesuai dengan gambar.

Hasil praktek pembuatan sambungan dan hubungan kayu tidak rapi dan kurang sesuai dengan gambar.

Kebersihan/kerapian tempat kerja

25

 

20

 

 

15

 

 

10

Tempat kerja pembuatan sambungan dan hubungan kayu sudah bersih dari alat dan bahan .

Tempat kerja pembuatan sambungan dan hubungan kayu sudah bersih dari alat tetapi masih ada sisa  potongan kayu.

Tempat kerja pembuatan sambungan dan hubungan kayu masih ada alat tetapi masih ada sisa  potongan kayu.

Tempat kerja pembuatan sambungan dan hubungan kayu banyak alat yang berantakan tetapi masih ada sisa  potongan kayu.

Skor

100

 

 

 

 

 

Kriteria    A = 85 – 100   (Sangat baik)

B = 75 – 84     (Baik)

C = 60 – 74     (Cukup)

D =  < 60        (Kurang)

 

 

Nilai Akhir     =     Total  Skor 1 + Total Skor 2

 

                                                              2

 



 Silahkan download Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Konstruksi Kayu di link dibawah ini.





Sekian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Konstruksi Kayu. Semoga Bermanfaat. Terimakasih. 

Ferdiansyah Ramadan Tanjung

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Akhir Desain Media Pembelajaran

KONSTRUKSI KAYU - MATERI DAN EVALUASI KELAS ONLINE

KONSTRUKSI KAYU - MATERI DAN EVALUASI KELAS ONLINE