Berikut merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) demi menunjang kegiatan belajar dan mengajar silahkan manfaatkan sebaik mungkin.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SMK Negeri
Program
keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Mata pelajaran : Konstruksi Kayu
Kelas
/ semester : X / 2
Alokasi waktu : 12 JP (4 x (3
@ 45 menit))
A. Kompetensi Inti
KI
III : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
IV : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
3.8 Menerapkan prosedur Pekerjaan Konstruksi Kayu.
4.8 Melaksanakan Pekerjaan Konstruksi Kayu.
C. Indikator
3.8.1
Menjelaskan pekerjaan mengetam kayu, memotong
kayu dan memahat
kayu.
3.8.2 Menjelaskan pekerjaan pembuatan sambungan
memanjang kayu.
4.8.1 Melaksanakan pekerjaan pengetaman kayu, pemotongan
kayu dan
pemahatan kayu
4.8.2 Melaksanakan pekerjaan pembuatan sambugan
memanjang kayu
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan pembelajaran, peserta didik akan dapat :
1.
Peserta didik dapat menjelaskan pekerjaan mengetam
kayu, memotong kayu, dan memahat kayu.
2. Peserta didik dapat
menjelaskan pekerjaan membuat sambungan kayu.
3. Peserta didik
dapat
melaksanakan pekerjaan pengetaman
kayu, pemotongan kayu dan pemahatan kayu.
4. Peserta didik dapat
melaksanakan cara pembuatan sambungan memanjang kayu dengan baik dan benar.
E. Materi
Pembelajaran
1. Prosedur mengetam
kayu.
2. Prosedur memotong
kayu.
3. Prosedur memahat
kayu.
4. Prosedur menyambung
memanjang kayu
F.
Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model : Model Pembelajaran Langsung (MPL)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan
Penugasan.
G. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran:
1. Media : Penyajian Microsoft PowerPoint
2. Alat/Bahan : Job sheet.
3. Sumber Belajar : Modul, Buku BSE (Tikno Lensufiie. 2008. Mengenal Konstruksi Kayu untuk Furniture dan Bangunan. Jakarta :
Esensi Erlangga Group) , dan
Internet (www….)
H. LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan Apersepsi 1. Guru sedikit
menyinggung materi minggu lalu dan mengaitkannya dengan materi yang akan
dibahasnya hari ini. (Menyampaikan
tujuan : Fase 1) 2. Guru menjelaskan
dan menanyakan kembali materi minggu lalu ke peserta didik. (Menyampaikan tujuan : Fase 1) Motivasi: 1.
Guru memberikan informasi tentang apa yang akan di
jelaskan, akan berguna untuk masa depan peserta didik. (Menyampaikan tujuan : Fase 1) 2.
Guru menyampaikan tujuan dan inti praktikum yang
akan dipelajari oleh peserta didik hari ini. (Menyampaikan tujuan : Fase 1) |
15 menit |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Penutup 1. Guru memberikan
evaluasi tentang prosedur pekerjaan konstruksi kayu, membuka sesi tanya jawab
ke peserta didik tentang materi terkait, 2. Bersama dengan
guru peserta didik menyimpulkan materi yang di ajarkan hari ini 3. Guru mengucapkan
salam dan meninggalkan kelas. |
15 menit |
I.
Penilaian Hasil Belajar
1. LP KI
3 : Pengetahuan
2. Kunci
LP KI 3 : Pengetahuan
3. LP
KI 4 : Keterampilan
Praktik / Penilaian Kinerja
4. Kunci
LP KI 4 : Keterampilan Praktik /
Penilaian Kinerja
LP KI 3 : Pengetahuan
Petunjuk:
v Berdoalah sebelum mengerjakan soal.
v Jawablah pada lembar jawaban yang telah disediakan.
v Selesaikan soal berikut dengan baik dan benar.
1. Sebutkan alat dan bahan apa saja yang
digunakan untuk mengetam kayu! (skor 15)
2. Sebutkan 3 langkah awal
memotong kayu menggunakan gergaji dengan baik dan benar! (skor 20)
3. Jelaskan langkah – langkah mengetam kayu dengan baik dan benar! (skor 30)
4. Jelaskan dan gambarkan sambungan kayu
memanjang dengan sambungan bibir miring! (skor 35)
................................Selamat
Mengerjakan......................................
Kunci LP KI 3 : Pengetahuan
No |
Kunci Jawaban |
Skor |
1. |
Alat dan Bahan : ·
Ketam Manual ·
Pasrah ·
Patek ·
Kayu 8cm x 12 cm |
15 |
2. |
3 Langkah
Awal memotong kayu menggunakan Gergaji
adalah : ·
Lukis kayu dengan penggaris siku disemua sisi kayu ·
Jepit kayu dengan alat penjepit, supaya kayu tidak goyang apabila di
potong ·
Gergaji kayu dengan mengikuti lukisan kayu yang telah dibuat dengan
cara membuat jalan untuk memotong kayu. |
20 |
3. |
Langkah – langkah mengetam kayu : ·
Siapkan kayu ukuran 8cm x 12cm ·
Taruh pasrah (mata ketam) ke dalam Ketam
Manual. ·
Kunci pasrah (mata ketam) dengan Petak supaya
mata ketam tidak gampang lepas ·
Ketam kayu dengan cara mengikuti arah serat
kayu dan tekan kayu ·
Lakukan pengetaman tersebut sampai ukuran kayu
sesuai dengan jobsheet dan permukaan kayu datar. |
30 |
4. |
Sambungan memanjang dengan bibir miring Sambungan ini
digunakan apabila balok berada pada diatas dua tumpuan atau lebih seperti
pada balok gording yang ditumpu/ditahan oleh balok kaki kuda-kuda |
35 |
|
ü
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik (A) :
apabila memperoleh skor 85 - 100
Baik (B) : apabila memperoleh skor 75 - 84
Cukup Baik (C) : apabila memperoleh skor 60 - 74
Kurang Baik (D) : apabila memperoleh skor < 60
ü
Nilai Akhir = Jumlah Total Skor Tiap
Butir Soal
Rubrik Penilaian KI 3 |
No |
Kriteria Penilaian |
Skor |
|
1 |
A |
Siswa dapat menyebutkan alat dan bahan untuk mengetam kayu dengan baik dan benar. |
15 |
B |
Siswa hanya dapat menyebutkan 2 alat mengetam kayu. |
10 |
|
C |
Siswa hanya dapat menyebutkan bahan untuk mengetam
kayu dengan benar. |
5 |
|
D |
Siswa tidak
dapat menyebutkan alat dan bahan untuk
mengetam kayu. |
0 |
|
2 |
A |
Siswa dapat menyebutkan 3 langkah awal memotong kayu dengan benar. |
20 |
B |
Siswa hanya dapat menyebutkan 2 langkah awal memotong kayu. |
10 |
|
C |
Siswa hanya dapat menyebutkan 1 langkah awal memotong kayu. |
5 |
|
D |
Siswa tidak
dapat menyebutkan 3 langkah awal memotong kayu dengan benar. |
0 |
|
3 |
A |
Siswa dapat menjelaskan langkah – langkah mengetam kayu dengan lengkap dan benar tanpa
membuka buku. |
30 |
B |
Siswa hanya dapat menjelaskan garis besar/inti langkah – langkah mengetam kayu tanpa
membuka buku. |
17 |
|
C |
Siswa dapat menjelaskan langakah – langkah mengetam kayu dengan membuka buku. |
8 |
|
D |
Siswa tidak dapat menjelaskan langkah – langkah mengetam kayu. |
2 |
|
4 |
A |
Siswa dapat membedakan pengertian sambungan dan
hubungan kayu dengan benar. |
35 |
B |
Siswa hanya dapat menjelaskan secara garis besar/inti
perbedaan pengertian sambungan kayu. |
17 |
|
C |
Siswa dapat menjelaskan perbedaan pengertian
sambungan kayu dan hubungan kayu dengan membuka buku. |
8 |
|
|
D |
Siswa tidak dapat membedakan pengertian sambungan dan
hubungan kayu dengan benar. |
2 |
|
Skor Total |
100 |
Rubrik
Penilaian Praktikum LP KI 4
Nama Siswa : …………………………………………………………...
Kelas / No. Presensi :
…………………………………………………………...
Tanggal :
…………………………………………………………...
Materi Pembelajaran : Membuat
sambungan bibir lurus berkait
No |
Kegiatan |
Rincian Tugas
Kinerja |
Skor |
Total Skor |
1. |
Pekerjaan persiapan |
Dapat menyebut
seluruh alat dan bahan yang diperlukan untuk Membuat sambungan bibir miring berkait |
|
|
Kelengkapan alat |
|
|||
2 |
Mengetam kayu |
Ketepatan ukuran |
|
|
Kesikuan ukuran |
|
|||
Kerapian hasil |
|
|||
Kebersihan/kerapian
tempat kerja |
|
|||
|
|
Nilai Akhir = Total
Skor 1 + Total Skor 2
2
Nilai Akhir =
Penilaian |
|||
Sangat Baik ( A ) |
Baik ( B ) |
Cukup Baik ( C ) |
Kurang Baik ( D ) |
|
|
|
|
Komentar Guru: |
Keterangan :Berilah tanda ( √ ) pada kolom penilaian
LP KI 4 :Penilaian
Kinerja
Petunjuk:
v Berdoalah sebelum mengerjakan praktek.
v
Membuat sambunngan
dan hubungan kayu.
v
Selesaikan seluruh pratikum
seperti yang diminta pada soal secara
individu.
Soal:
1. Persiapkan
alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat sambungan memanjang bibir miring berkait kayu.
2. Tunjukkan
alat yang sudah kamu persiapkan untuk membuat
sambungan memanjang bibir
miring berkait kayu.
Tugas:
1.
Buatlah sambungan kayu jenis sambungan memanjang bibir miring
berkait!
Kunci LP KI 4 : Penilaian Kinerja
1.
Semua alat yang diperlukan dalam membuat sambungan memanjang bibir miring
berkait adalah : mistar, penggaris siku, pensil, perusut,
gergaji, pahat, amplas, palu.
2.
3.
Hasil pratikum Membuat sambungan memanjang bibir miring
berkait.
RUBRIK PENILAIAN LP 1 KI 4
No |
Kegiatan |
Rincian Tugas
Kinerja |
Skor |
Total Skor |
1. |
Pekerjaan persiapan |
Dapat menyebut
seluruh alat dan bahan yang diperlukan untuk Membuat Sambungan bibir miring berkait |
40 |
100 |
Kelengkapan alat |
60 |
|||
2 |
Menggambar |
Ketepatan ukuran |
25 |
100 |
Kesikuan ukuran |
25 |
|||
Kerapian hasil |
25 |
|||
Kebersihan/kerapian tempat kerja |
25 |
|||
|
|
Kriteria A = 85 – 100 (Sangat
baik)
B
= 75 – 84 (Baik)
C
= 60 – 74 (Cukup)
D
= < 60 (Kurang)
Nilai Akhir = Total
Skor 1 + Total Skor 2
2
RUBRIK PENILAIAN LP 1 KI 4
No |
Kegiatan |
Rincian Tugas
Kinerja |
Skor |
Total Skor |
1. |
Pekerjaan persiapan |
Dapat menyebut
seluruh alat dan bahan yang diperlukan untuk Membuat Sambungan bibir miring berkait |
40 |
100 |
Kelengkapan alat |
60 |
|||
2 |
Menggambar |
Ketepatan ukuran |
25 |
100 |
Kesikuan ukuran |
25 |
|||
Kerapian hasil |
25 |
|||
Kebersihan/kerapian tempat kerja |
25 |
|||
|
|
Kriteria A = 85 – 100 (Sangat
baik)
B
= 75 – 84 (Baik)
C
= 60 – 74 (Cukup)
D
= < 60 (Kurang)
Nilai Akhir = Total
Skor 1 + Total Skor 2
2
RUBRIK PENILAIAN LP 2 KI 4
No |
Rincian Tugas
Kinerja |
Skor |
Keterangan |
1 |
Kemampuan menyebut seluruh alat dan bahan yang
diperlukan dalam melaksanakan
praktik |
40 30 20 10 |
Dapat menyebut seluruh alat dan bahan yang
diperlukan minimal seperti pada kunci LP 4. Hanya dapat menyebut 10-11 alat/bahan dari 12
poin. Hanya dapat menyebut 7-9 alat/bahan dari 12 poin. Hanya dapat menyebut kurang dari 7 |
Kelengkapan
peralatan/bahan |
60 50 40 30 20 10 5 |
Semua perlengkapan pratikum telah dipersiapkan
dengan lengkap minimal seperti pada kunci LP 4 Ada 1 buah alat yang tidak dipersiapkan. Ada 2 buah alat yang tidak dipersiapkan. Ada 3 buah alat yang tidak dipersiapkan Ada 4 buah alat yang tidak dipersiapkan. Ada 5 buah alat yang tidak dipersiapkan. Ada lebih dari 5
alat yang tidak dipersiapkan. |
No |
Rincian
Tugas Kinerja |
Skor |
Keterangan |
2 |
Ketepatan ukuran |
25 20 15 10 |
Siswa
dapat membuat sambungan bibir lurus berkait dengan ukuran yang tepat. Siswa
dapat membuat sambungan bibir lurus berkait dengan ukuran yang tepat., tetapi
ada satu sisi pondasi yang kurang tepat. Siswa dapat membuat sambungan bibir lurus
berkait, tetapi tidak siku. Siswa
tidak dapat menentukan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait,
sehingga ukuran kayu yang akan dibuat sambungan tidak beraturan. |
Kesikuan ukuran |
25 20 15 10 |
Siswa dapat membuat kesikuan
ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait dengan benar. Siswa dapat membuat kesikuan
ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait,tetapi ada satu sisi yang kurang
siku. Siswa
dapat membuat kesikuan ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait,tetapi
belum tepat sesuai ukuran siku yang ditentukan. Siswa
dapat membuat kesikuan ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait dengan
benar hanya pada satu sisi saja. |
|
Kerapian hasil |
25 20 15 10 |
Hasil
praktek pembuatan sambungan bibir lurus berkait sangat rapi dan sesuai dengan
gambar. Hasil
praktek membuat kesikuan ukuran membuat sambungan bibir lurus berkait rapi dan
sesuai dengan gambar.. Hasil
praktek membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait
kurang rapi dan kurang sesuai dengan gambar. Hasil
praktek membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait tidak
rapi dan kurang sesuai dengan gambar. |
|
Kebersihan/kerapian tempat kerja |
25 20 15 10 |
Tempat
kerja membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait sudah
bersih dari alat dan bahan. Tempat
kerja membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait sudah
bersih dari alat tetapi masih ada sisa
potongan kayu. Tempat
kerja membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait masih
ada alat tetapi masih ada sisa
potongan kayu. Tempat
kerja membuat kesikuan ukuran pembuatan sambungan bibir lurus berkait banyak
alat yang berantakan tetapi masih ada sisa
potongan kayu. |
|
Skor |
100 |
|
|
|
|
|
Kriteria A = 85 – 100 (Sangat
baik)
B
= 75 – 84 (Baik)
C
= 60 – 74 (Cukup)
D
= < 60 (Kurang)
Nilai Akhir = Total
Skor 1 + Total Skor 2
2
RUBRIK PENILAIAN LP 2 KI 4
No |
Rincian Tugas
Kinerja |
Skor |
Keterangan |
1 |
Kemampuan menyebut seluruh alat dan bahan yang
diperlukan dalam melaksanakan
praktik. |
40 30 20 10 |
Dapat menyebut seluruh alat dan bahan yang
diperlukan minimal seperti pada kunci LP 4. Hanya dapat menyebut 4-6 alat/bahan dari 8 poin. Hanya dapat menyebut 3-5 alat/bahan dari 8 poin. Hanya dapat menyebut kurang dari 3 |
Kelengkapan
peralatan/bahan |
60 50 30 20 10 2 |
Semua perlengkapan pratikum telah dipersiapkan
dengan lengkap minimal seperti pada kunci LP 4. Ada 1 buah alat yang tidak dipersiapkan. Ada 2 buah alat yang tidak dipersiapkan. Ada 3 buah alat yang tidak dipersiapkan. Ada 4 buah alat yang tidak dipersiapkan. Ada
lebih dari 5 alat yang tidak dipersiapkan.Ada |
No |
Rincian
Tugas Kinerja |
Skor |
Keterangan |
2 |
Ketepatan ukuran |
25 20 15 10 |
Siswa
dapat membuat sambungan bibir lurus berkait dengan ukuran yang tepat. Siswa
dapat membuat sambungan bibir lurus berkait dengan ukuran yang tepat., tetapi
ada satu sisi pondasi yang kurang tepat. Siswa dapat membuat sambungan bibir lurus
berkait, tetapi tidak sesuai dengan gambar. Siswa
tidak dapat menentukan ukuran sambungan bibir lurus berkait, sehingga ukuran
pondasi tidak beraturan. |
Kesikuan ukuran |
25 20 15 10 |
Siswa dapat membuat kemiringan
sambungan bibir lurus berkait dengan benar. Siswa dapat membuat kemiringan
sambungan bibir lurus berkait,tetapi ada satu sisi sambungan yang kurang
tepat. Siswa
dapat membuat kemiringan sambungan bibir lurus berkait,tetapi tidak sesuai gambar. Siswa
dapat membuat kemiringan sambungan bibir lurus berkait dengan benar hanya
pada satu sisi saja. |
|
Kerapian hasil |
25 20 15 10 |
Hasil
praktek pembuatan sambungan bibir lurus berkait sangat rapi dan sesuai dengan
gambar. Hasil
praktek pembuatan sambungan bibir lurus berkait rapi dan sesuai dengan
gambar.. Hasil
praktek pembuatan sambungan dan hubungan kayu kurang rapi dan kurang sesuai
dengan gambar. Hasil
praktek pembuatan sambungan dan hubungan kayu tidak rapi dan kurang sesuai
dengan gambar. |
|
Kebersihan/kerapian tempat kerja |
25 20 15 10 |
Tempat
kerja pembuatan sambungan dan hubungan kayu sudah bersih dari alat dan bahan
. Tempat
kerja pembuatan sambungan dan hubungan kayu sudah bersih dari alat tetapi
masih ada sisa potongan kayu. Tempat
kerja pembuatan sambungan dan hubungan kayu masih ada alat tetapi masih ada
sisa potongan kayu. Tempat
kerja pembuatan sambungan dan hubungan kayu banyak alat yang berantakan
tetapi masih ada sisa potongan kayu. |
|
Skor |
100 |
|
|
|
|
|
Kriteria A = 85 – 100 (Sangat
baik)
B
= 75 – 84 (Baik)
C
= 60 – 74 (Cukup)
D
= < 60 (Kurang)
Nilai Akhir = Total
Skor 1 + Total Skor 2
2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar